9, Jul 2024
League of Legends Esports World Cup Grand Final: T1 Rebut Gelar Juara! Usai Tundukkan Wakil dari LPL

League of Legends Esports World Cup 2024 sudah berakhir dengan Grand Final yang menghebohkan pada 7 Juli 2024! T1 sekali lagi merebut gelar juara dunia setelah mengalahkan Top Esports asal Tiongkok. Tim juara Worlds 2023 itu kini telah memenangkan US$400.000 dan juga 1.000 Club Championship.

Sementara itu, Faker dinobatkan sebagai MVP. Prestasi ini semakin menguatkan dirinya sebagai pemain pro LoL terbaik sepanjang masa.

Perjuangan T1 dan Top Esports sebelum Final LoL EWC 2024

Pada semifinal, T1 terlebih dahulu menghadapi Team Liquid, seed LCS pertama. Pada game pertama, tim perwakilan Amerika Utara itu sudah mengendalikan permainan penuh dengan jarak gold dan kill yang lebar. Dominasi mereka terbayar begitu mereka memimpin kill 23-5 hingga berhasil menghancurkan T1 di game pertama.

T1 mengandalkan pick meta pada game kedua untuk mengambil pendekatan berbeda. Mereka memutarbalikkan keadaan dalam mengontrol penuh map. Mereka berhasil menghancurkan Nexus Team Liquid dalam 28 menit dengan kill 18-5 untuk mengambil poin kedua.

Pada game terakhir, kedua tim mengandalkan komposisi double AD Carry dengan tujuan berbeda. Team Liquid sudah agresif pada early game membuat T1 cukup kesulitan.

Akan tetapi, tim asal Korea itu mempertahankan deficit gold minimum hingga mereka siap menuju team fight. Bahkan, Faker dkk merebut Baron pertama.

Team fight yang terjadi di mid lane pun tidak terhindarkan saat terakhir. T1 dengan cepat membasmi seluruh anggota Team Liquid hingga mampu memenangkan game ketiga dalam 30 menit dengan 13-7 kill.

Di sisi lain, Top Esports kembali mengejutkan semua pihak setelah secara mengejutkan mengalahkan Gen.G. Mereka menang telak melawan G2 Esports dengan skor 2-0, mewujudkan balas dendamnya saat MSI Playoff Mei lalu.

Game pertama berawal dari imbang. Top Esports memiliki sedikit keuntungan dalam gold yang membuat mereka memimpin. Setelah 28 menit dengan 13-9 kill, tim asal Tiongkok itu merebut kemenangan game pertama.

Berbeda dengan laning phase pada game kedua, kedua tim imbang dalam gold, kill, dan objektif map. Tim asal Tiongkok itu memanfaatkan momentum saat mid game untuk membasmi G2 sampai menghancurkan Nexus saat menit ke-26.

T1 Kalahkan Top Esports saat Grand Final League of Legends

Sama seperti turnamen resmi League of Legends oleh Riot, Grand Final di Esports World Cup juga menggunakan best-of-five. Kedua tim pun bertekad untuk membuktikan kemampuannya untuk merebut gelar juara setelah dianggap bukan sebagai tim favorit yang diunggulkan.

Pada game pertama, Top Esports dominan dan mampu menaklukkan T1 pada early game. Tim asal Tiongkok itu mampu merebut poin game pertama setelah 23 menit dan 12-4 kill.

T1 memanfaatkan draft yang memiliki banyak crowd control pada game selanjutnya. Pilihan tersebut terbayar ketika mereka membungkam tim lawan. Faker pun memamerkan kill dan assist impresif. Game kedua berakhir dalam 26 menit dengan kemenangan tim asal Korea itu dengan 16-4 kill.

Awal game ketiga dimulai dengan imbang. T1 justru unggul dalam firepower dan mobilitas menjadikannya dominan. Alhasil, mereka mampu menghancurkan Nexus Top Esports dalam 38 menit dengan 17-6 kill.

Momentum perwakilan LCK itu berlanjut pada game keempat, di mana mereka memimpin dalam kill dan gold. Akan tetapi, Top Esports mencuri Rift Herald yang membuat T1 sempat tersentak.

Kerla dan Faker menerapkan crowd control jitu agar mencetak ace untuk membuat T1 kembali memimpin. Top Esports pun tidak mau kalah dalam team fight demi mendapatkan Infernal Drake.

Pada akhirnya, T1 berakhir sebagai pemenang game keempat setelah 29 menit dan 21-8 kill. Alhasil, mereka menjadi juara League of Legends Esports World Cup 2024! Dengan kemenangan ini, mereka memperoleh US$400.000 dan 1.000 Club Points.

Berkat kepemimpinannya, Faker dari T1 dinobatkan sebagai MVP. Hasil ini membuktikan dirinya sebagai pemain League of Legends terbaik sepanjang masa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *